Cara Mengecek Kecepatan Blog/ Website Secara Online

MasGugu -- Bagaimana cara mengetahui kecepatan suatu blog atau website anda? Tentu ada tools yang harus anda gunakan untuk cara mengecek kecepatan blog atau website secara online dari yang sederhana hingga yang detail-pun ada. Dengan mengecek kecepatan blog/ website, anda bisa mengetahui penyebab blog/ website anda menjadi berat, apakah karena banyaknya widget, HTML atau Javascript yang terlalu banyak. Disana akan tampil informasi tentang masalah-masalah pada blog/ website anda sehingga bisa dengan mudah diatasi.

Setelah anda mengetahui permasalahannya, anda bisa membuang yang tidak perlu yang membuat blog anda menjadi berat atau lambat, sehingga anda hanya akan menyisakan yang penting-penting saja. Sebenarnya, terdapat dua cara untuk mengecek kecepatan blog/ website secara online. Nahh… untuk mempersingkat waktu, silahkan anda simak berikut ini langkah atau cara yang harus anda lakukan:

1. Menggunakan Google PageSpeed Insight

Cara pertama untuk mengecek kecepatan blog/ website adalah menggunakan Google PageSpeed Insight. Sebelum melangkah ke tahap berikutnya, ada baiknya pahami terlebih dulu apa itu Google PageSpeed Insight? Secara garis besar, Google PageSpeed Insight adalah sebuah tools developers dari Google yang digunakan untuk mengecek kecepatan blog/ website. Selain itu, tools ini juga menampilkan masalah-masalah yang harus anda perbaiki pada template anda. Bagaimana cara menggunakannya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Google PageSpeed Insight.
  2. Masukkan alamat blog atau website anda (lihat gambar di atas).
  3. Klik Analize, kemudian tunggu beberapa saat.
  4. Lihat hasilnya (silahkan anda perbaiki sesuai saran dari Google)

2. Menggunakan Gtmetrix

Cara kedua untuk mengecek kecepatan blog atau website anda yaitu dengan menggunakan Gtmetrix. Apakah itu Gtmetrix? Secara garis besar, Gtmetrix adalah salah satu tools yang memiliki fungsi hamper sama seperti Google PageSpeed Insight tetapi lebih sederhana. Biasanya jika anda menggunakan tools ini, blog/ website anda akan terlihat kencang (cepat) dari pada mengecek menggunakan Google PageSpeed Insight. Bagaimana cara mengecek menggunakan Gtmetrix?
  • Buka Gtmetrix.com.
  • Masukkan alamat blog atau website anda (lihat gambar di atas).
  • Klik Analize, kemudian tunggu beberapa saat.
  • Lihat hasilnya (silahkan anda perbaiki sesuai saran dari Gtmetrix)

Dari kedua tools cara cek kecepatan blog/ website di atas, manakah yang lebih bagus? Jika anda pengguna blogger, sudah pasti Google PageSpeed Insight yang paling bagus dan tiada tandingannya. Mengapa? Karena blogger sendiri adalah milik Google sehingga terserah sesepuh ini mau nyuruh apa pengguna blogger harus ikut sesuai dengan Undang-undang Google. Tak hanya itu saja, Google juga menjadi Search Engine terbesar diseluruh dunia, jadi kalau mau artikel anda berada pada Search Engine Google.com maka ikutin semua saran dari Mbah Kakung ini.

Silahkan anda gunakan artikel Cara Mengecek Kecepatan Blog/ Website Secara Online dengan bijak. Kecepatan blog anda bergantung pada banyak atau tidaknya terdapat embel-embel widget pada blog anda. Alangkah baiknya anda mengurangi konsumsi data untuk blog anda agar kecepatan aksesnya menjadi bertambah sehingga pengunjungpun merasa senang berkunjung ke blog anda. Selain itu, rasio pentalan pada blog anda pun juga ikut menurun. Selamat mencoba semoga bermanfaat, terimakasih….

Cara Mengecek Kecepatan Blog/ Website Secara Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Mas Gugu
Mas Gugu Updated at: 11:14 PM