7 Cara Membuat / Daftar Blog Ke Akun FeedBurner

Mungkin bagi beberapa Blogger pemula kurang familiar dengan tools Google yang bernama FeedBurner ini. Perlu diketahui bahwa dalam optimasi SEO, FeedBurner sangat penting untuk kita sisipkan pada template Blogspot yang kita pasang. Sebaiknya bagi yang belum memiliki akun ini, segera mencari cara membuat atau daftar blog ke akun RSS FeedBurner, karena fungsi dari tools ini adalah memudahkan pengunjung untuk berlangganan melalui email.


Kalau di Youtube namanya “Subcribe”, maka di blog namanya “FeedBurner” kurang lebih seperti itu pemahaman singkat Mas Gugu. Namanya memang berbeda, tetapi memiliki fungsi yang sama yakni mempermudah pengunjung untuk berlangganan apapun yang dipublish oleh si pembuat video atau artikel.


Kelebihan memasang FeedBurner ini cukup beragam. Pertama, pengunjung akan selalu mendapatkan update artikel terbaru setiap harinya yang telah diposting oleh si penulis. FeedBurner akan secara otomatis mengirimkan judul beserta link artikel ke email pengunjung yang telah berlangganan. Jadi, jika ingin orang lain berlangganan artikel anda sebaiknya segera buat akun FeedBurner ini.


Kelebihan kedua, setelah berlangganan tentu ada efek positif bagi blog yang memasang FeedBurner ini. Jumlah PageView, dan visitor akan meningkat tajam jika banyak pengunjung yang berlangganan karena mereka membukanya langsung dari email, dan efek positif lainnya blog kita berarti sudah mendapatkan back link yang berkualitas tentunya.


Pasang kode FeedBurner pada template blog anda. Mengapa? Tools FeedBurner akan gagal melacak blog and ajika kode FeedBurner belum disisipkan. Jika anda tidak percaya, silahkan anda langsung saja ke step dua dan melewati step satu, maka hasilnya pasti akan gagal mendaftar, dan keluar pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.

cara-mengatasi-daftar-error-di-feedburner


#1. Langkah Pertama
Silahkan anda copy code FeedBurner di bawah ini, dan letakkan pada template blogspot anda. Caranya, Login ke Blogger => Template (Tema) => Edit HTML. Pada kode HTML yang banyak tersebut, klik disembarang tempat di kode itu, lalu tekan CTRL + F maka kotak pencarian akan muncul. Pastekan kode ini <head> pada kotak pencarian lalu enter. Letakkan kode FeedBurner di bawah ini tepat di bawah kode <head> tadi.


<link href='http://www.masgugu.blogspot.com/feeds/posts/default' rel='alternate' title='www.masgugu.blogspot.com - Atom' type='application/atom+xml'/>
<link href='http://www.masgugu.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss' rel='alternate' title='www.masgugu.blogspot.com - RSS' type='application/rss+xml'/>

Silahkan anda ganti yang di beri warna merah dengan alamat URL blog anda, kemudian pilih SAVE template blog anda.

#2. Langkah Kedua
Silahkan kunjungi website FeedBurner. Setelah anda mengklik website di atas, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Silahkan anda isikan URL alamat blog anda untuk memulai membuat akun FeedBurner. Contohnya; masgugu.blogspot.com. Jika sudah, pada bagian “I am a podcaster!” tidak usah dicentang, langsung klik Next saja.

daftar feedburner

#3. Langkah Ketiga
Tunggu beberapa saat (FeedBurner sedang loading), tools ini akan melacak alamat URL yang telah kita tulis tadi. Jika tools ini berhasil menemukan Feed alamat URL blog kita, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. Silahkan pilih yang paling atas (pertama) saja yang ada tulisan “Atom”. Kemudian klik Next.


langkah daftar feedburner

#4. Langkah Keempat
Setelah anda klik Next tadi, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Silahkan anda tentukan nama feed sesuai keinginan anda. Jika sudah, lalu klik Next lagi untuk lanjut ke tahap berikutnya.


langkah daftar feedburner 2

#5. Langkah Kelima
Maka akan keluar tulisan selamat bahwa anda telah berhasil membuat akun FeedBurner seperti pada gambar di bawah ini. Silahkan anda ingat alamat URL FeedBurner tersebut, kalau bisa anda catat saja agar tidak lupa. Jika sudah, klik Next lagi untuk menuju ke tahap berikutnya.


langkah daftar feedburner 3


#6. Langkah Keenam
Nahh,, selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah ini, silahkan anda centang sesuai dengan petunjuk gambar yang ada di bawah. Jika sudah, silahkan klik Next lagi untuk melanjutkannnya.


langkah daftar feedburner 4

#7. Langkah Ketujuh
Pada tahap ini pembuatan FeedBurner telah finish, sehingga muncul seperti gambar di bawah ini. Jika sudah begitu, sekarang tinggal membuat widget SEO ricent posts untuk blog yang telah kita daftarkan tadi.


langkah daftar feedburner 5


Bagaimana cara membuat widget SEO ricent posts untuk blog? Silahkan anda baca 3 Cara Memasang Widget Recent Posts SEO Friendly sehingga blog akan cepat ter-index oleh Google, dan trafik pengunjung otomatis juga akan mengalaami peningkatan.


Demikian postingan tentang 7 Cara Membuat / Daftar Blog Ke Akun FeedBurner yang sangat bermanfaat bagi kita semua untuk optimasi SEO yang berguna meningkatkan jumlah visitor dalam blog yang kita kelola. Terimakasih telah berkunjung…

7 Cara Membuat / Daftar Blog Ke Akun FeedBurner Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Mas Gugu
Mas Gugu Updated at: 9:36 AM