Cara Mengetahui dan Mengatasi Artikel Yang Di Copy Paste (Copas)

Fokus Mas Gugu bulan ini adalah untuk melaporkan para Blogger yang telah copy paste artikel yang telah Mas Gugu posting tanpa izin. Oleh karena itu, cara mengetahui dan mengatasi artikel yang di copy paste ini dibuat dengan tujuan agar ketika karya seni teman-teman tidak dihormati, maka teman-teman harus segera bertindak untuk melaporkannya ke Google.

Cara Mengetahui dan Mengatasi Artikel Yang Di Copy Paste

Copy paste yang dilakukan oleh beberapa para blogger yang tidak bertanggungjawab sangat ironis. Tidak hanya mengcopy-paste hampir semua artikel yang Mas Gugu tulis, bahkan About, Contact, serta Privacy Policy juga ikut diembat. Hal ini menimbulkan sebuah prangsa (mungkin si pelaku memiliki tujuan tertentu yang tersembunyi dibalik itu semua). Apapun tujuan itu, semoga bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.


Mengapa artikel kita di copas? Alasan si pelaku mengcopas artikel yang kita buat, ada beberapa factor yang melatarbelakanginya, seperti pengunjung mendapatkan manfaat dari apa yang kita tulis sehingga mereka mengkoleksi di blog pribadinya sendiri. Alasan lain, bisa jadi si pelaku ingin menghancurkan citra blog kita yang notabenenya memiliki postingan yang berkualitas (Mas Gugu tidak merekomendasikan statmen ini), statmen ini muncul karena tidak mungkin tanpa tujuan tertentu sampai ke akar-akarnya juga di copas (About, Contct, serta Privacy Policy).


Ambisi yang menggebu-gebu juga menjadi alasan seseorang melakukan copas terhadap artikel yang telah kita buat. Biasanya, para blogger yang newbie ingin cepat-cepat mengisi postingan dalam blog yang mereka kelola dengan cara yang instan tanpa pikir panjang lagi. Sehingga, copas menjadi salah hal yang mereka bisa andalkan. Apakah dampak pada blog jika artikel postingan sering copas? Silahkan anda baca Dampak Positif dan Negatif Artikel Copy Paste.

Bagaimana cara mengetahui jika artikel kita di copas?
Sangat penting bagi kita untuk mengetahui siapa saja atau blog mana saja yang telah melakukan copas tanpa ijin terhadap artikel yang telah kita buat. Silahkan ikuti cara berikut ini untuk memastikannya.

  • Kunjungi website ini www.Copyscape.com
  • Masukkan link artikel kita disana lalu Enter.
  • Maka akan muncul beberapa blog atau website yang telah mengcopas artikel kita.

Setelah mengetahui bahwa artikel kita dicopas oleh orang lain yang tidak memiliki izin, lalu apa langkah kita selanjutnya? Jangan biarkan banyak orang melakukan copas terhadap artikel kita semakin banyak, sedini mungkin kita usahakan agar tidak ada yang berani melakukan copas terhadap karya seni yang telah kita buat.

Bagaimana cara mengatasi artikel kita yang di copas?
Tindakan yang harus kita lakukan setelah mengetahui artikel kita telah dicopas adalah dengan melaporkannya ke hadapan Google. Dengan begitu, blog atau website tersebut akan terkena pinalti dari Google, jika artikel yang si pelaku copas sangat banyak maka google akan memblokir lalu menghapus blog tersebut secara permanen. Silahkan anda cari di google cara melaporkan pelaku copy paste ke Google


Apabila anda sebagai pelaku copas yang membaca postingan ini Cara Mengetahui dan Mengatasi Artikel Yang Di Copy Paste, diharapkan sadar akan dampak yang terjadi pada blog anda. Saran Mas Gugu, hormatilah karya seni menulis anda sendiri dan orang lain, maka semua orang juga akan menghormati karya tulis anda juga. Bagi anda yang tidak mau copas, pertahankanlah hal itu dan tetap SEMANGAT dalam membuat postingan. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kita semua, salam bloggers Indonesia…

Cara Mengetahui dan Mengatasi Artikel Yang Di Copy Paste (Copas) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Mas Gugu
Mas Gugu Updated at: 11:51 AM