Cara Mengatasi Kesalahan Perayapan (Crawl Error) Iklan Google Adsense

Pesan kesalahan perayapan (Crawl Error) Iklan Google Adsense ini saya dapatkan ketika mengganti alamat blog dari http ke https atau SSL ternyata iklan yang muncul sedikit setelah pindah ke https dan iklan yang muncul tersebutpun tidak dibayar ke saya sehingga penghasilan adsense saya menurun drastis 50%.

Adapun pesan crawler errors yang muncul seperti ini: "Ada kesalahan perayap iklan yang dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan."

Ketika tulisan itu diklik, maka akan muncul tulisan seperti di bawah ini: "Perayap kami tidak dapat mengakses halaman yang tercantum di kolom 'URL yang Dicekal' untuk menentukan konten dan menampilkan iklan. Klik icon 'tambah' di samping setiap domain untuk melihat daftar yang diperluas dari URL yang terpengaruh. Bila perayap kami tidak dapat mengakses konten, kami tidak akan menampilkan iklan, yang mengakibatkan pendapatan dan cakupan lebih rendah. Ikuti link di kolom 'Kesalahan' untuk mempelajari cara memperbaiki kesalahan tersebut."

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dari salah satu blog yang saya ambil sebagai sampel di bawah ini!




Jika hal itu dibiarkan saja, maka penghasilan google adsense anda akan mengalami penurunan drastis sehingga sangat saya anjurkan untuk segera menanganinya. Langkah untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:


1) Login ke Blogger lalu pergi ke menu Setelan => Preferensi Penelusuran, lalu cari robot txt khusus kemudian pada perintah Aktifkan konten robots.txt khusus? pilih YA, lalu isi dengan kode di bawah ini.


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search

Allow: /
Sitemap: http://www.masgugu.blogspot.com/sitemap.xml


CATATAN: Ganti URL yang berwarna merah dengan URL anda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah!



INGAT! Jika blog anda sudah menggunakan https, maka ganti http menjadi https. Jika sudah silahkan anda tekan menu "Simpan Perubahan".


Keterangan kode di atas:
Untuk mengetahui fungsi kode-kode di atas, di bawah ini mas Gugu sediakan keterangan untuk mempermudah anda memahaminya:
 
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

Garis memberitahukan bot crawler supaya merayapi iklan adsense. Sehingga jika blog anda sudah diterima google Adsense, memasang kode ini sangatlah wajib.

User-agent: *

Baris memberitahukan mesin pencari Google untuk melakukan crawler semua situs halaman blog anda, sehingga semua postingan dan halaman terindex sempurna.

Disallow: /search

Baris memberitahukan kepada mesin pencari untuk tidak melakukan index pada penelusuran yang dilakukan pengunjung di blog kita. Sehingga semakin menambah SEO blog anda.


Allow: /
Sitemap: http://www.masgugu.blogspot.com/sitemap.xml

Baris ini memberitahukan mesin pencari untuk melakukan index pada semua artikel yang kita posting pada blog sehingga menambah SEO blog dan meningkatkan jumlah pengunjung.


2) Di bawah menu robot txt khusus, ada satu menu lagi yang harus kita atur yakni menu Tag tajuk robot khusus? pilih YA untuk mengaktifkannya, kemudian setting sesuai dengan gambar di bawah ini




Jika sudah di atur sesuai dengan gambar di atas, selanjutnya anda pilih menu "Simpan Perubahan". Dan selesai...

Pastikan ketika anda menerapkan cara di atas, web/ blog anda sudah memiliki site map. Jika belum anda bisa baca disini 6 Cara Membuat Site Map SEO Fast Loading Disukai Google.


Dengan menerapkan langkah di atas, anda sudah bisa mengatasi kesalahan perayapan (Crawl Error) iklan Google Adsense yang penghasilannya tadi turun sekarang sudah naik kembali.

Cara Mengatasi Kesalahan Perayapan (Crawl Error) Iklan Google Adsense Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Mas Gugu
Mas Gugu Updated at: 3:49 PM